728x90

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Senin, 20 Juli 2020

Android dan Nama-Nama Versinya Part 2

Nama - Nama Versi Android berikutnya yaitu:

KitKat

Nama makanan manis yang digunakan pada android versi berikutnya diambil dari brand cemilan terkenal yaitu KitKat. Android ini dirilis pada Oktober 2013 dan sudah mendukung hamper semua smarthphone di dunia.
Pembaharuan ada android KitKat yaitu dapat memberikan optimalisasi yang baik meski spesifikasi smarthphone yang digunakan cukup rendah.
Versi android KitKat yaitu Android 4.4

Lollipop

Lolipop (Permen Tusuk) merupakan codename adroid versi berikutnya yang dirilis pada Juni 2014, yang menjadi cikal bakal dibuatnya smarthphone flagship dengan spesifikasi yang tinggi. Versi ini sudah mendukung arsitektur 64-Bit dan memungkinkan penggunaan ram 3GB keatas seperti Asus Zenfone 2 dengan ram 4GB.
Versi android ini yaitu Android 5.0


Marshmallow

Pada Oktober 2015 dirilis android versi berikutnya yaitu Marshmallow. Android ini memberi peningkatan signifikan dengan menghadirkan fitur fingerprint sensor sebagai sistem keamanan yang digunakan.
Versi android marshmallow yaitu Android 6.0

Nougat

Masih dengan nama makanan manis, androd merilis versi berikutnya dengan codename Nougat pada Juni 2016.
Pada fersi ini android mengalami perubahan tampilan interface dan terdapat tambahan fitur splitscreen untuk membagi layar ponsel menjadi dua aplikasi sekaligus.
Android 7.0, Android 7.1 merupakan android yang termasuk dalam versi Nougat

Oreo

Sama halnya seperti Android KitKat, pada versi ini android menggunakan nama brand dari salah satu makanan manis yaitu Oreo sebagai codenamenya. Android ini dirilis pada Agustus 2017 dengan pembaharuan pada multitasking yang semakin baik disbanding versi sebelumnya, dan juga Project treble yang memungkinkan pengguna mendapatkan pembaruan lebih cepat.
Versi kernel android Oreo antara lain Android 8.0, Android 8.1

Pie

Versi android berikutnya yaitu Android Pie yang dirilis pada Agustus 2018 dengan banyak perubahan terutama untuk desain HP terbaru, seperti navigasi berupa gesture yang mampu menggantikan fisik Home, back, dan recent Apps.
Versi kernel android Pie yaitu Android 9.0

Q (10)

Pada versi ke 10 ini android tidak lagi menggunakan nama makanan manis sebagai codename nya. Google mengumumkan bahwa Android Q tersebut memiliki codename Android 10.
Selain itu pada versi ini android merubah logonya ke logo baru. Salah satu fiturnya yaitu Dark Mode (Mode Gelap) yang diklaim mampu untuk menghemat baterai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman